Jasa Web Alhadiy
Berita Arab Saudi

Arab Saudi Dibantu Inggris Masuk Dewan HAM PBB

Dokumen Rahasia, Inggris Bantu Arab Saudi Masuk Dewan HAM PBB dengan Perjanjian Rahasia

Diantara 61.000 dokumen rahasia kemenlu Arab Saudi yang dirilis oleh WikiLeaks menunjukkan pembicaraan rahasia antara diplomat Inggris menjelang pemilihan pada bulan November 2013.

Islam-institute.com, LONDON – Sebuah kabel diplomatik mengungkap bahwa Inggris telah membantu Arab Saudi agar lolos dalam pemilihan anggota Dewan HAM PBB yang kontrovesial, melalui sebuah perjanjian rahasia.

Diantara 61.000 dokumen rahasia kemenlu Arab Saudi yang dirilis oleh WikiLeaks menunjukkan pembicaraan rahasia antara diplomat Inggris menjelang pemilihan pada bulan November 2013. Dokumen ini telah diterjemahkan  oleh pengawas PBB di New York untuk Dewan HAM yang berbasis di Jenewa.

Pertukaran dukungan secara  rahasia yang dipublikasikan oleh surat kabar The Australia itu, berisi saran agar inggris segera melakukan negoisasi rahasia dengan meminta Arab Saudi untuk mendukungnya.

Kedua negara itu akhirnya sama-sama terpilih untuk menjadi anggota Dewan HAM PBB yang terdiri dari 47 negara anggota.

Salah satu kabel Saudi itu berbunyi, “Delegasi kami merasa terhormat untuk mengirimkan memorandum tertutup kepada kementerian Inggris, dimana sebelumnya delegasi kami telah menerima misi tetap Inggris mengenai permintaan dukungan untuk negara mereka agar terpilih  menjadi anggota Dewan HAM periode 2014-2016, dalam pemilihan yang akan dilaksanakan di New York pada tahun 2013.”

“Kementerian kami menganggap bahwa ini adalah sebuah kesempatan untuk saling bertukar dukungan dengan Inggris, dimana Arab Saudi akan mendukung pencalonan Inggris untuk periode 2014-2015 bertukar dengan  dukungan Inggris untuk pencalonan Arab Saudi (terhadap pemilihan yang sama)”. (AL/ARN/RM/TheIndependent.uk)

 

Jasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker