Aparat Keamanan Korea Selatan Tangkap 3 TKI Terkait ISIS

Islam-Institute, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penempatan dan Penjagaan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid menjelaskan 3 TKI ditangkap aparat keamanan Korea Selatan. “Ada 3 TKI kita yang di Korsel hari ini ditangkap oleh aparat keamanan dan dituduh masuk jaringan teroris ISIS,” kata Nusron bakda berjumpa Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres di Jakarta, Jumat (15/1) seperti dikutip Antara.

Dengan adanya penangkapan TKI tersebut menurut Nusron jadi peringatan bagi BNP2TKI untuk memantau lebih jauh aktifitas TKI di luar negeri.

“Memang penetrasi yang ditunaikan kubu ini terlalu efektif dan agresif sehingga kita akan buat gerakan deradikalisasi,” tambah dia.

Gerakan deradikalisasi tersebut berupa pemahamam keagamaan insklusif dan penyemaian desiminasi program-program agama yang sifatnya moderat sesuai dengan keindonesiaan ke kalangan TKI terutama di wilayah Timur Tengah dan Asia Pasifik.

Lebih detail dia menjelaskan, semenjak 2012 telah nggak ada lagi TKI yang dikirim ke Suriah tapi fakta memperlihatkan bahwa masih ada Penduduk Negara Indonesia yang berada di sana.

“Nggak dipungkiri ada satu, dua yang kebetulan bekerja kpd majikannya yang ikut atau jadi simpatisan ataupun aktivis ISIS, lantas mereka jadi ikut kubu itu nggak terpungkiri. Tetapi jika jumlahnya kita belum mampu identifikasi,” ujar Nusron.

Lebih detail dia menjelaskan, BNP2TKI akan mengidentifikasi sebab biasanya seluruh TKI yang masuk deportasi dari Suriah melalui Libanon begitu sampai ke Indonesia langsung diwawancara dahulu.

“seusai itu ada program pelatihan kpd mereka dan di tengah-tengah pelatihan itulah kita juga mengidentifikasikan dari cara berpakaian, pandanganan keagamaan, kenegaraan,” katanya.  (Al/Sfa/AB)

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :