Apakah Mungkin PKI Bangkit Lagi ini Respon Jend. Gatot

Website Islam Institute
Loading...

Isu PKI terus menggelinding. Ada kubu yang masih konsisten memuji dan membela PKI, ada yang sibuk menangkal kembangkitannya, bahkan ada pula yang tidak percaya jika PKI bangkit lagi. Tetapi, bagi TNI, ada standar sendiri untuk mengidentifikasi bahaya komunis.

Panglima TNI Jend. Gatot Nurmantyo sempat menjawab pertanyaan Karni Ilyas pembawa acara ILC TV One melalui sambungan telepon perihal masih adanya bahaya PKI, Selasa (19/9) malam.
Bung Karni (Karni Ilyas red.)! Begini, saya mengibaratkan seperti makanan, sanggup dinikmati asin tetapi tidak kelihatan. Biarkan kami yang amati dan kami paham, kapan mesti bergerak, sebab kami inilah musuhnya. Saya tidak akan buka yang kami tahu. Saya cuma mengingatakan bahwa bangsa ini pernah mengalamai tragedi kelam. Dan ini tidak boleh terulang, sedemikian disampaikan Panglima TNI Jend. Gatot Nurmantyo dalam dialog di ILC,TV One.

Gatot juga amat diplomatis tatkala ditanya apakah masih mungkin PKI itu bangkit lagi, sementara diberbagai negara telah hancur lebur. Saya paham itu, tetapi isu komunis sanggup dijadikan senjata untuk merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Ini mesti kita hindari, jelasnya.

Ditanya soal pemutaran kembali film G30 S PKI di barisan TNI, Gatot menyebut itu urusan dirinya. Itu dalam kewenangannya.Tidak ada yang sanggup mencegah. Ia pun menyesalkan mengapa semenjak 2008, perjalanan sejarah mengenai hal Bughot PKI di Indonesia tidak diajarkan lagi di sekolah.

(Jika urusan opemutaran film G30 S PKI) Itu urusan saya, kewenangan saya. Kenapa semenjak tahun 2008 sampai waktu ini pelajaran sejarah tetang PKI tidak diajarkan lagi. Bukankah ini (tanda ada) usaha penghapusan sejarah, sejarah ini amat berguna. Bung Karno menjelaskan dengan sejarah kita sanggup menemukan hukum-hukum di Indonesia, sanggup mengambil pelajaran, supaya kejadian yang sengat memilukan, hitam dan amat keji tidak terlulang lagi, terang Gatot.

Ditanya soal ketepatan film G30 S PKI, Gatot tidak mau berpolemik. Yang terang, dari tahun 2008 sampai sekarang tidak ada pelajaran sejarah itu, film ini sanggup mewakili. Anjuran presiden dibuatkan film baru, itu amat cakep. Masalah isinyaemang gue pikirin, yang penting bagi saya supaya kejadian kelam itu tidak terulang kembali.

Panglima TNI Jend. Gatot Nurmantyo (FT/OKZ)
(mky, TV One/duta.co)
Loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :