Anjuran Sujud Tilawah Waktu Mendengar atau Membaca Ayat Ini

Memahami Makna Sujud: kepala yang menjadi bagian paling istimewa
Loading...

Anjuran Sujud Tilawah Waktu Mendengar atau Membaca Ayat Ini

Sujud tilawah termasuk amalan yang disunnahkan dalam Islam. Sujud tilawah maksudnya kita sujud tatkala membaca ayat-ayat tertentu dalam al-Qur’an. Sujud tilawah dianjurkan pada waktu mengerjakan shalat ataupun di luar shalat.

Dalam Fiqhul Manhaji karya Musthafa Bugha disebutkan ada 14 ayat di dalam al-Qur’an yang dianjurkan sujud pada waktu membaca ataupun mendengarnya. Ke-4 belas surat tersebut bisa di klik di sini.

Dikarenakan sujud tilawah bagian dari ibadah, disyaratkan bagi orang yang mengerjakannya untuk bersuci terlebih dahulu. Jikalau sujud tilawah dikerjakan pada waktu mengerjakan shalat, maka sesudah membaca ayat yang dianjurkan sujud tilawah, langsung sujud dan membaca doa ini waktu sujud:

 “سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ“

loading...

Wajahku bersujud ke Penciptanya, yang Membentuknya, yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta”

Lantas membaca:

اللهمَّ اكْتُبْ لِي بها عندَكَ أَجْراً وَاجْعَلْهاَ لِي عِنْدَكَ ذَخْراً، وَضَعْ عَنِّي بِهَا وِزْراً وَاقْبِلْهاَ مِنِّي كَمَا قَبِلْتَهاَ مِن عَبْدِكَ دَاوُدَ

Ya Allah dengan sujud ini, catatlah pahala bagku di sisimu dan jangan Engkau catat dosa bagiku dan terimalah sujud ini sebagaimana Engkau menerimanya dari hambamu Dawud As.

Jikalau di luar shalat, maksudnya mendengar atau membaca ayat yang dianjurkan sujud, pengerjaannya dengan cara takbiratul ihram sembari mengangkat ke-2 tangan, lantas langsung sujud 1 kali sebagaimana sujud dalam shalat, lantas salam.

Jangan lupa sebelum sujud bersuci terlebih dahulu dan tatkala sujud menghadap kiblat.

loading...

Source by Ahmad Naufal

Loading...

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

KOLOM KOMENTAR ANDA :