Anjuran Memperbanyak Doa di Hari Jum’at

Manfaat Baca ‘La Ilaha Illallah’ Setelah Shalat Shubuh

Anjuran Memperbanyak Doa di Hari Jum’at


Jumat termasuk hari yang dimuliakan dalam Islam. Jumat termasuk mulia sebab di dalamnya Ada keutamaan dan kesunnahan. Bahkan, dalam beberapa hadits disebut Jumat selaku hari raya ummat Islam.

Di antara amalan yang terlalu dianjurkan pada hari Jumat ialah memperbanyak doa. Berdoa tentu dapat kapan pun dan di mana pun. Tetapi jika berdoa di waktu yang pas tentu itu lebih baik. Sebab Jumat bagian hari the best untuk berdoa, para ulama menganjurkan untuk memperbanyak doa pada hari tersebut.

ودعاء أي إكثر دعاء في يومها وليلتها، أما في يومها فلرجاء أن يصادف ساعة الإجابة. والصحيح فيها ما ورد أنها ما بين أن يجلس الإمام للخطبة إلى أن تنقضي الصلاة، وليس المراد أنها مستغرقة لهذا الزمن بال المراد أنها لحظة لطيفة لا تخرج عن هذا الوقت، وأما ليلتها فلقول الشافعي رضى الله عنه: بلغني أن الدعاء يستجاب في ليلة الجمعة وللقياس على يومها، ويسن كثرة الصدقة وفعل الخير في يومها وليلتها

Artinya, “Disunnahkan berdoa, maksudnya memperbanyak doa pada siang hari dan malam hari Jumat. Adapun memperbanyak doa di siang hari harapannya supaya sesuai dengan waktu ijabah. Pandangan yang shahih soal waktu ijabah ialah antara duduknya khatib sampai selesai shalat. Maksudnya bukan semua waktu, tapi cuma sebentar dari rentang waktu tersebut. Adapun terkait doa malam hari, Imam As-Syafi’i berkata, ‘Sudah sampai hadits kepadaku bahwa doa diijabah pada malam Jumat dan ini dapat diqiyaskan dengan siang harinya.’ Dianjurkan juga memperbanyak sedekah dan perbuatan baik pada malam dan siang hari Jumat.”

Memperbanyak doa terlalu dianjurkan pada siang hari dan malam hari Jumat. Spesial pada siang hari, ada waktu yang paling baik untuk berdoa yaitu waktu antara khatib naik mimbar sampai shalat Jumat selesai. Sungguh tidak diketahui waktu pastinya, tapi ulama cuma menerangkan rentang waktunya saja. Dikarenakan tidak ada yang tahu waktu pastinya, maka perbanyaklah berdoa.

Lalu berdoa tidak cuma dianjurkan di siang hari, tapi juga malam hari. Hal ini sebagaimana dikatakan Imam As-Syafi’i, berdoa di malam hari dapat disamakan dengan doa di siang hari. Kecuali doa, kita pada hari Jumat juga dianjurkan memperbanyak sedekah dan amal saleh lainnya.

Selengkapnya, klik di sini

IslamiDotCo by Ahmad Naufal

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.