Analis: Trump Mungkin Berencana Hancurkan NATO dan Uni Eropa

Analis: Trump Mungkin Berencana Hancurkan NATO dan Uni Eropa

WASHINGTON DC – Presiden AS Donald Trump mungkin berencana demi menghancur-leburkan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan Uni Eropa. Seorang eks penasihat keputusan strategi Senat dan diplomat AS menjelaskan hal ini ketika mengomentari pernyataan Trump.

James Jatras, yang merupakan spesialis dalam hubungan internasional dan politik legislatif di Washington, DC, membikin pernyataan dalam sebuah wawancara dengan Press TV pada hari Rabu (04/07) ketika mengomentari pernyataan Trump.

sebelum ini Trump menjelaskan pada hari itu bahwa Uni Eropa “mungkin sama buruknya dengan China” dalam perdagangan, ditengah kemungkinan munculnya perang perdagangan antara AS dengan raksasa Asia itu serta sekutu lama mereka di Eropa dan Kanada.

Baca: Enggak Terima Dikritik, Negara-negara NATO Balik Serang Trump

Trump juga diadukan sudah mecatat terhadap sejumlah sekutu NATO-nya, meminta mereka demi meningkatkan bagian mereka dari ongkos pertahanan dalam aliansi dan mengingatkan bahwa Amerika Serikat dapat kehilangan kesabaran.

“Saya pikir, berhubungan dengan Eropa, ada dinamika yang amat menarik terjadi. Mari kita ingat bahwa negara-negara yang membentuk Uni Eropa hampir sama dengan negara-negara yang membentuk NATO. Ada sejumlah perbedaan tetapi pada dasarnya kubu negara yang sama,” kata Jatras.

“Dan kubu negara yang sama yang dia katakan bahwa” kita perlu mempunyai hubungan perdagangan yang lebih seimbang”, dia juga menjelaskan di pihak NATO bahwa ‘kalian perlu mengurus pertahanan kalian. Kalian tak dapat terus membebani kami, ’” ujar Jatras.

Baca: NATO Menyebut Enggak Bakal Bela Israel Kalau Terjadi Perang dengan Iran

“Dengan KTT NATO yang bakal datang, seluruhnya perbedaan ini bakal sebagai kian tajam. Dan sejumlah orang bahkan memperkirakan bahwa ini ialah strategi yang disengaja dari pihak Trump demi menghancur-leburkan NATO dan mungkin Uni Eropa. Dan kalau itu yang terjadi maka dia ialah seseorang yang sungguh-sungguh “jenius”, ”tambahnya. (ARN)



Source by Ahmad Naufal

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.