Alhamdulillah, Tidak Memperoleh Izin, Acara Khilafah Batal di 2 Tempat

Alhamdulillah, Tak Mendapatkan Izin, Acara Khilafah Batal di Dua Tempat

Alhamdulillah, Tidak Memperoleh Izin, Acara Khilafah Batal di 2 Tempat

Acara Syiar dan Silaturahim Kekhilafahan Islam Sedunia dicancel di Masjid Akbar Kemayoran, Jakarta. Para peserta yang Hadir dari luar Jakarta tidak dapat bermalam di tempat tersebut sebab masjid ditutup.

Aktifitas yang diselenggarakan oleh Organisasi Khilafatul Muslimin itu rencananya dihelat pada 17 dan 18 November 2018. Kecuali dicancel di Kemayoran, acara tersebut juga tidak memperoleh izin Pelaksanaan di Bogor.

“Iya, semuanya dicancel itu,” kata Ketua Panitia Syiar dan Silaturahim Kekhilafahan Islam Se-Dunia 1440 Hijriah Hadiwiyanto waktu dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (16/11).

Ia menjelaskan awalnya acara itu akan dihelat di Masjid Akbar Kemayoran, Jakarta. Pihaknya mengusulkan izin ke Dewan Pengurus Masjid pada 11 Agustus lalu.

Tetapi pihak Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPKK) tidak memberikan izin.

Mengetahui hal itu, Hadiwiyanto lantas mengganti tempat acara di Masjid Az-Zikra Bogor, Jawa Barat. menurutnya, pihak pengurus masjid diketahui telah memberikan izin. seusai itu ia pun melayangkan surat izin ke Polres Bogor.

Sayangnya, pihak Polres Bogor tidak mengeluarkan izin acara tersebut. Acara di Masjid Az-Zikra itu pun batal dihelat.

“Iya, kami tidak ada yang di sana, dialog telah kita batalkan dialog tidak ada,” ucap dia.

Ia menjelaskan meski acara batal dihelat, beberapa peserta dari daerah terlanjur Hadir ke Jakarta. Mereka rencananya akan tetap menggelar silaturahim.

“Iya mungkin nanti kami akan ngopi-ngopi, ngobrol-ngobrol dengan sesama saudara kami yang telah Hadir,” kata Hadiwiyanto.

Hadwiyanto juga meminta para peserta dari sejumlah daerah yang telah terlanjur Sampai di Jakarta untuk iktikaf atau ibadah di sejumlah masjid wilayah Jakarta.

Massa Gigit Jari

Wakil Dewan Pengurus Masjid Akbar Kemayoran Muhammad Nuh menjelaskan beberapa iring-iringan peserta acara yang terdiri dari 1 bus dan puluhan motor sempat Hadir ke Masjid Akbar Kemayoran, Jumat (16/11) pagi.

Tetapi mereka wajib gigit jari sesudah menyaksikan spanduk di depan masjid yang bertuliskan “Tidak ada Syiar dan Silaturahim Kekhilafahan Islam Se-Dunia 1440 H Tgl. 17 – 18 November 2018”.

“Mereka mau ketemu saya, satpam bilang ‘silakan aja baca spanduk’ begitu mereka baca, turun seluruh akhirnya bus dan motor itu kembali,” kata Nuh.

Beberapa peserta sempat menunaikan ibadah salat Jumat dan salat asar sebelum berangkat. Menurut Nuh, iring-iringan peserta acara itu masih Ada di kisaran wilayah Kemayoran.

Nuh menjelaskan sejumlah polisi dari Polsek Kemayoran sempat berjaga di kisaran Masjid Akbar Kemayoran. Petugas keamanan ikut membantu pihak pengurus masjid memberitahu peserta terkait batalnya acara.

menurut pantauan di tempat, para peserta aksi telah membubarkan diri di Masjid Akbar Kemayoran. Kendati sedemikian, lanjut Nuh pengurus masjid akan berjaga apabila masih ada iring-iringan peserta yang Hadir ke tempat.

Gerbang Masjid Akbar Kemayoran ditutup pada pukul 20.00 WIB dan kembali dibuka menjelang salah subuh.

(cnn/si)


Shared by Ahmad Zaini

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.