7 Kejadian Besar, Ini Karena Keistimewaan Hari Asyura’

7 Peristiwa Besar, Ini Sebab Keistimewaan Hari Asyura’

7 Kejadian Besar, Ini Karena Keistimewaan Hari Asyura’

JAKARTA- Asyura atau suro yang jatuh pada 10 Muharram mempunyai beberapa keistimewaan. Hal itu sebab beberapa kejadian pertolongan atau kemenangan yang Allah SWT berikan ke para makhluk pilihanNya. Semenjak Nabi Adam alaihissalam sampai Nabi Muhammad SAW .

Menurut beberapa riwayat disebutkan, beberapa kejadian penting terjadi di hari itu pada masa yang lalu, di antaranya disebutkan selaku berikut:

  1. Nabi Adam ‘alaihissalam bertobat ke Allah dari dosa-dosanya dan tobat tersebut diterima oleh-Nya.
  2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat, sesudah dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan.
  3. Selamatnya Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dari siksa Namrud, berupa api yang membakar.
  4. Nabi Yusuf ‘alaihissalam dibebaskan dari hotel prodeo Mesir sebab terkena fitnah.
  5. Nabi Yunus ‘alaihissalam selamat, keluar dari perut ikan hiu.
  6. Nabi Ayyub ‘alaihissalam disembuhkan Allah dari penyakitnya yang menjijikkan.
  7. Nabi Musa ‘alaihissalam dan umatnya kaum Bani Israil selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Beliau dan umatnya yang berjumlah kisaran 5 ratus ribu orang selamat masuk gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.

Bahkan zaman Nabi Saw terjadi penegasan keistimewaan 10 Muharram. Yaitu waktu Nabi berjumpa dengan sekelompok orang yahudi tengah berpuasa di hari asyura’ memperingati keamanan Nabi Musa AS dan umatnya. Apa kata Rasul? Kami lebih berhak ke Musa daripada Anda semua. Dalam hadist riwayat Ibnu Abbas;

Loading...
loading...

هُوَ يَوْمٌ نَجَّى اللَّهُ فِيهِ مُوسَى وَأَغْرَقَ آلَ فِرْعَوْنَ فَصَامَ مُوسَى شُكْرًا لِلَّهِ فَقَالَ أَنَا أَوْلَى بِمُوسَى مِنْهُمْ فَصَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ

“Allah sudah melepaskan Musa dan Umatnya pada hari itu dari (musuhnya) Fir’aun dan bala tentaranya, lalu Musa berpuasa pada hari itu, dalam rangka bersyukur ke Allah”. Nabi bersabda : “Saya lebih berhak kepada Musa dari mereka.” Maka Nabi pun berpuasa pada hari itu dan menyuruh para sahabatnya supaya berpuasa juga.” (HR. Bukhari; No: 1865  & Muslim, No: 1910)

 

 

Komentar

comments

Loading...


Source by Samsul

loading...

You might like

About the Author: Samsul Anwar

KOLOM KOMENTAR ANDA :