Home / Berita Irak / Ponsel Komandan ISIS Yang Tewas Buktikan Turki Dukung ISIS

Ponsel Komandan ISIS Yang Tewas Buktikan Turki Dukung ISIS

Terbongkarnya Rahasia Ponsel Komandan ISIS Yang Tewas Membuktikan ISIS Dapat DukunganTurki. Turki sejak awal krisis Suriah telah mendukung ISIS untuk menurunkan Presiden Suriah Bashar al-Assad dari kekuasaan.

 

Islam-Institute, BAGHDAD – Ditemukannya sebuah ponsel milik salah satu pemimpin kelompok ISIS yang tewas terbunuh membuktikan dengan jelas dukungan agen mata-mata Turki untuk kelompok teroris tersebut. Demikian seorang komandan pasukan relawan Irak (Hashd al-Shaabi) mengungkapkan Rahasia yang membuktikan keterlibatan Turki dengan teroris ISIS.

“Ponsel itu ditemukan ada bersama salah satu pemimpin ISIS yang tewas di bagian utara provinsi Salahuddin dua hari yang lalu,” kata Jabbar al-Ma’mouri kepada berita Soumeriya pada hari Senin (21/12) kemarin.

Ia mengatakan bahwa “setting riwayat” ponsel tersebut terdiri dari file-file yang berisi pesan dari badan intelijen Turki di mana pesan itu menunjukkan bahwa Ankara mendukung kelompok teroris ISIS itu melalui penyediaan keamanan di titik-titik masuk yang digunakan oleh militan ISIS dari Turki ke Irak.

“Telepon seluler itu juga berisi berbagai informasi penting lainnya yang tidak dapat diungkapkan sekarang, dan telah disampaikan kepada kelompok keamanan khusus untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Ma’mouri.

Dalam sebuah pernyataan yang relevan pada bulan November lalu, Duta Besar Rusia untuk Prancis, Alexander Orlov pernah mengatakan bahwa Turki telah memainkan peran “ambigu” dalam kampanye melawan ISIS/Daesh namun sebenarnya bertindak sebagai kaki tangan untuk kegiatan kelompok teroris tersebut.

Bulan lalu, mantan penasehat senior Department AS, David Phillips, mengatakan bahwa Turki telah terang-terangan memberikan dukungan material kepada ISIS karena mereka berbagi koneksi ideologi bersama dengan musuh terhadap Presiden Suriah Bashar Assad.

“Peran Turki bukan lagi ambigu, negara itu telah terang-terangan mendukung ISIS,” ungkap Phillips yang saat ini menjabat sebagai Direktur Program Penegakan perdamaian dan HAM Universitas Columbia, ” Negara itu telah memberikan dukungan logistik, uang, senjata, transportasi dan kesehatan untuk prajurit yang terluka”

Phillips menjelaskan bahwa Turki telah mendukung ISIS untuk menurunkan Presiden Suriah Bashar al-Assad dari kekuasaan. Dukungan Turki juga karena adanya hubungan antara partai (Ikhwanul Muslimin) yang memerintah di Turki dan para “jihadis” di Suriah.  (AL/ARN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menteri Perang ISIS Eks Kepala Pasukan Khusus Didikan AS

MOSUL, Menteri Perang ISIS – Kolonel Gulmurod Khalimov, mantan kepala pasukan khusus Tajikistan. Sosok ini pernah ...