Home / Berita Suriah / Operasi Militer Rusia Tidak Melanggar Kedaulatan Suriah

Operasi Militer Rusia Tidak Melanggar Kedaulatan Suriah

Menteri Luar Negeri Suriah: Operasi Militer Rusia di Surah Tidak Melanggar Kedaulatan Suriah

Menteri Luar Negeri Suriah, Waled Muallem juga menekankan bahwa semua kelompok teroris yang beroperasi di Suriah, termasuk ISIS, al-Qaeda, Jabhat al-Nusra dan Ahrar al-Sham, akan menjadi target operasi militer aliansi empat negara

Islam-Institute.com, SURIAH – Operasi militer Rusia dalam rangka memerangi militan teroris di Suriah tidak melanggar kedaulatan Suriah. Karena Rusia terlebih dulu melakukan koordinasi dengan pemerintah Damaskus, dan Rusia bertindak dalam kerangka membela kedaulatan Suriah, Waled al-Muallem, Menteri Luar Negeri Suriah mengatakan.

“Rusia bertindak secara ketat di bawah Piagam PBB dan hukum internasional. Dan serangan ini atas permintaan pemerintah Suriah”, kata Waled al-Muallem pada hari Senin.

“Langkah ini tidak melanggar kedaulatan Negara Suriah, dan Rusia bertindak dalam kerangka kedaulatan Suriah,” tambahnya.

Moskow memulai operasi militernya melawan militan teroris di Suriah pada 30 September atas permintaan dari pemerintah Damaskus, tak lama setelah majelis tinggi parlemen Rusia memberi Presiden Vladimir Putin mandat untuk menggunakan kekuatan militer Rusia di Suriah.

Pada tanggal 2 Oktober, Putin mengatakan salah satu tujuan utama dari kampanye udara Moskow di Suriah adalah untuk melestarikan keutuhan wilayah negara Arab.

Waled Muallem juga mencatat bahwa serangan udara Moskow di Suriah dikritik oleh “negara-negara yang sebenarnya terlibat konflik di Suriah atas dukungannya kepada militan teroris, yaitu Amerika Serikat, Perancis, Turki, Arab Saudi dan Qatar.”

AS, Inggris, Perancis, Jerman, Qatar, Arab Saudi dan Turki merilis pernyataan bersama pada hari Jumat, mengkritik serangan udara Rusia bahwa mereka mengatakan serangan itu tidak menargetkan posisi ISIS.

Bagaimanapun, Rusia membantah tuduhan terhadap operasi militernya, dengan mengatakan serangan udaranya menargetkan semua kelompok teroris, termasuk ISIS dan militan al-Qaeda.

Menteri Luar Negeri Suriah, Waled Muallem juga menekankan bahwa semua kelompok teroris yang beroperasi di Suriah, termasuk ISIS, al-Qaeda al-Nusra dan Ahrar al-Sham, akan menjadi target operasi militer aliansi empat negara. (al/Sfa/Ptv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Islam Institute, No Image Available.

Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi Agen MOSSAD dan Yahudi Tulen

Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi Agen MOSSAD dan Yahudi Tulen. Sejumlah media asing, diantaranya Veterans ...