Home / Berita Irak / Operasi Helibrone AS di Irak Beri Bantuan Senjata ke ISIS

Operasi Helibrone AS di Irak Beri Bantuan Senjata ke ISIS

Parlemen Irak mengungkap bahwa ISIS dapat bantuan senjata dan bahan makanan dalam operasi helibrone AS di Irak. Selama beberapa tahun terakhir, para pejabat Irak dalam  berbagai kesempatan yang berbeda mengecam dan protes ke AS dan sekutunya karena telah memasok senjata dan amunisi kepada ISIS di Irak.

 

 

Islam-Institute, BAGHDAD – Kabar AS di Irak dan koalisinya membantu militan ISIS di Irak sebenarnya bukan hal baru. Hal ini sering diprotes oleh para pejabat Irak dalam beberapa tahun terakhir. Baru-baru ini, Perwakilan dari Koalisi Hukum Negara Irak di parlemen, Awatif Naima, mengungkapkan bahwa operasi heliborne AS baru-baru ini di Hawija, provinsi Kirkuk, adalah siasat untuk membantu para teroris ISIS.

“Pasukan Amerika baru-baru ini memperluas operasi heliborne mereka di Huweija, Baiji dan Sharqat di bagian Utara provinsi Salahuddin dengan tujuan untuk membantu kelompok teroris ISIS,” kata Awatif Naima dalam konferensi pers.

Awatif Naima mengatakan bahwa tentara, keamanan dan pasukan relawan (Hashd al-Shaabi) Irak, telah menyaksikan airdrop yang dilakukan secara berulang kali oleh pesawat-pesawat AS di Irak, baik berupa bahan makanan maupun paket senjata untuk mendukung kekuatan teroris ISIS.

AS di Irak dan beberapa anggota koalisi lainnya dikabarkan telah sejak lama memasok senjata kepada ISIS di Irak.

Selama beberapa tahun terakhir, para pejabat Irak dalam  berbagai kesempatan yang berbeda mengecam AS dan sekutunya karena telah memasok senjata dan amunisi kepada ISIS di Suriah dan Irak dengan dalih memerangi kelompok teroris ekstrim tersebut.  (AL/ARN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menteri Perang ISIS Eks Kepala Pasukan Khusus Didikan AS

MOSUL, Menteri Perang ISIS – Kolonel Gulmurod Khalimov, mantan kepala pasukan khusus Tajikistan. Sosok ini pernah ...