Berita Suriah

Kematian Abu Bakr Al-Baghdadi Dibenarkan ISIS

ISIS membenarkan pemimpin kelompok itu bahwa kematian Abu Bakr al-Baghdadi adalah benar adanya. Kelompok ISIS mengkonfirmasi  kematian Abu Bakr al-Baghdadi seperti dilaporkan saluran TV Al Sumaria mengutip sumber di provinsi Nineveh, Irak.

Menurut sumber laporan tersebut, ISIS mengeluarkan sebuah pernyataan singkat di mana mereka melaporkan kematian pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi. Laporan itu juga menyebutkan nama ‘khalifah baru’ seperti dikutip dari Sputniknews, Selasa (11/7/2017).

Kementerian Pertahanan Rusia, Bebarapa waktu lalu, tanggal 16 Juni, mengatakan bahwa al-Baghdadi kemungkinan telah tewas dalam sebuah serangan Angkatan Udara Rusia. Serangaan Rusia tersebut menarget sebuah pos komando militan di pinggiran selatan kota Raqqa pada akhir Mei. Ketika itu pihak Rusia mencatat bahwa dalam proses mengkonfirmasikan informasi itu melalui berbagai saluran atas kematian Abu Bakr al-Baghdadi.

Komando Operasi Inheren AS Kolonel Ryan Dillon,  pada tanggal 23 Juni, mengatakan tanggapannya. Bahwa AS tidak memiliki bukti yang meyakinkan untuk percaya pada Rusia atas kematian Abu Bakr al-Baghdadi dalam serangan udara Rusia. “Namun, AS pasti akan menyambut kematian al-Baghdadi. Tapi kami tidak memiliki bukti pasti untuk membawa kami percaya bahwa ini akurat,” tambahnya.

Khalifah ISIS Abu Bakr al-Baghdadi tidak pernah terdengar beritanya sejak akhir 2016 lalu. Pemimpin ISIS iti cuma pernah muncul dalam video, berbicara dengan para pendukung di sebuah masjid. Yaitu di Masjid al-Nouri yang menjadi ikon di jantung Mosul.

Dan kemunculannya itu terjadi pada tahun 2014, saat Abu Bakr al-Baghdadi mendirikan kekhalifahan Muslim dan memproklamirkan dirinya sendiri sebagai sang Khalifah.

Terakhir kali Abu Bakr al-Baghdadi mengeluarkan sebuah pesan audio pada 3 November 2016. Yaitu saat dia merilis sebuah pernyataan audio yang mendesak para pengikut untuk terus memperjuangkan Mosul.

kematian Abu Bakr al-Baghdadi adalah benar adanya.

Kematian Abu Bakr Al-Baghdadi dan Kekalahan ISIS di Mosul Adalah Awal Kehancuran ISIS

Kematian Abu Bakr al-Baghdadi dan kekalahan ISIS di Mosul membawa harapan baru bagi Suriah. Pemerintah Suriah mengucapkan selamat atas keberhasilan Irak dalam mengalahkan ISIS. Damaskus menyebut, kekalahan ISIS di Mosul adalah awal dari kehancuran kelompok tersebut, dan seluruh pendukungnya.

“Kepemimpinan Suriah mengucapkan selamat kepada rakyat Irak dan pemerintah mereka atas kemenangan besar atas ISIS, yang dicapai oleh tentara Irak dan milisi di Mosul,” kata Kementerian Luar Negeri Suriah.

Kementerian tersebut menuturkan, pemerintah Suriah memiliki solidaritas dengan rakyat dan angkatan bersenjata Iran. Dan bertekad untuk melanjutkan perjuangan bersama melawan ISIS, dan bentuk terorisme lainnya. Mereka bertekad untuk mencegah penyebaran terorisme di wilayah tersebut.

“Kekalahan ISIS di Mosul merupakan awal dari kekalahan semua orang yang mendirikan, mempersenjatai dan mendukung mereka.” Sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (10/7).

Sebelumnya diberitakan, Perdana Menteri Haider al-Abadi telah mengumumkan kemenangan atas ISIS di Mosul setelah bertempur selama delapan bulan. Pengumuman itu dilakukan Abadi langsung dari pusat kota Mosul.

Mengenakan seragam militer, pemimpin Irak itu terlihat turun dari sebuah pesawat militer dan bertemu dengan komandan pasukan keamanan senior. Abadi lantas mengucapkan selamat kepada para pejuang dan warga yang mendapatkan kemenangan besar di Mosul.

Kemenangan pasukan Irak dan rakyatnya atas Mosul dari cengkraman ISIS tak terlepas dari akibat kematian Abu Bakr al-Baghdadi sang Khalifah ISIS.

sumber

Save

Save

Save

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close